Nexus One

Wednesday, February 24, 2010

Monster Hit Wannabe ($529)
20.000 unit Nexus One resmi pindah tangan di minggu pertama penjualannya. Analis memperkirakan di akhir tahun 2010, lebih kurang 3 juta unit Nexus One akan tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Apa yang membuat Nexus One begitu special sehingga banyak orang berpendapat bahwa Nexus One akan menjadi monster hit, sementara sudah berdiri kukuh Apple iPhone, dan pemain lama, Palm yang baru-baru ini unjuk kebolehan lewat Palm Pre miliknya.
Nama Google sebagai salah satu raksasa jagad maya, diyakini menjadi daya tarik yang menarik penikmat gadget menantikan smartphone dengan system operasi Android ini.
Secara kasat mata, Nexus One tidak ubahnya produk rekaan HTC Hero, atau mungkin HTC Magic. Kode sandi produksinya sendiri diberi label HTC Passion. Jadi bukan sebuah kebetulan jika bentuk dasarnya tidak berbeda jauh dengan seri-seri HTC lainnya. Hanya saja, khusus Nezus One, baik dari rancangan hingga merknya dibuat oleh Google sendiri.
Melihat spesifikasinya, Google memang berniat untuk tenggelam dalam persaingan pasar smartphone. Mulai dari layar sentuh berteknologi AMOLED dengan diagonal 3.7 inci yang sudah mendukung multi touch, hingga kemampuan untuk mengurangi bisingnya suara ketika Anda berkomunikasi. Termasuk diantarannya adalah kemampuan untuk mengubah suara menjadi teks. Tentu saja, masih banyak fitur lain yang sejatinya akan menjadi nilai tambah Nexus One.
Agar semua fiturnya berlari sempurna, sebuah prosesor Snapdragon bertenaga 1 GHz pun disematkan. Memorinya menggunakan jenis DRAM dengan kapasitas 512 MB, Anda bisa menggunakan kartu memori eksternal maksimal 32GB. Untuk merekam gambar baik itu diam ataupun bergerak, sebuah kamera dengan resolusi 5 Megapiksel bisa Anda maksimalkan. Konektifitas tanpa kabel juga lengkap, baik Wi-Fi maupun Bluetooth sudah dibenamkan kedalamnya. Ada lebih dari 20.000 aplikasi sudah bisa diakses melalui situs Android Market. Rencananya, masih di tahun ini, HTC akan merilis Nexus One yang mendukung jaringan CDMA.

0 komentar: